Surat Laik Fungsi (SLF) merupakan sertifikat bangunan yang telah selesai dibangun dan telah memenuhi persyaratan kelayakan teknis sesuai fungsi bangunan. Suatu bangunan akan disebut legal jika pemiliknya mempunyai sertifikat tersebut. Mungkin banyak yang berfikir bahwa hanya gedung besar yang wajib memiliki SLF, akan sekarang sema bangunan diharuskan memiliki SLF.

Merujuk pada Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung seluruh hunian termasuk rumah di kawasan perumahan diwajibkan memiliki sertifikat laik fungsi (SLF). Dalam hal ini hunian yang dimaksud termasuk perumahan bersubsidi yang sedang banyak dibangun di kawasan Malang Raya.

Syarat Akad Kredit

Kasi Bangunan Gedung, Bidang Cipta Karya DPUPR Kota Malang, Sahabuddin, menegaskan bahwa Kementrian PU meminta rumah subsidi tak hanya memiliki IMB akan tetapi wajib memiliki SLF pula. Dengan dokumen tersebut maka dapat dipastikan bahwa rumah bersubsidi benar-benar layak huni. Pihak Bank juga harus mensyaratkan SLF ketika akad kredit. Peraturan tentang hal ini memang sudah ada sejak lama akan tetapi memang masyarakat banyak yang menyepelekan dan menganggap tidak penting. Dari pihak DPUPR juga sudah melakukan penekanan pada saat sosialisasi di provinsi saat itu, dan sudah ada beberapa pengembang perumahan yang mengajukan SLF.

Jaminan Kelayakan Bangunan

Selain pelaku usaha perumahan, masayarakat juga harus paham bahwa SLF menjamin kelayakan bangunan, sehingga kualitasnya juga terjamin. Dengan dokumen tersebut masyarakat akan lebih yakin bahwa tidak akan dirugikan saat membeli rumah. Contoh kasusnya apabila perusahaan perumahan menjanjikan rangka alumunium tetapi kemudian pada saat mebangunan diganti kayu, hal tersebut bisa dikatakan tidak layak. Dengan adanya dokumen ini akan meminimalisir kerugian-kerugian seperti itu.

Pengajuan

Kota malang memang masih sedikit sekali pengembang yang mengajukan SLF. Hal ini bisa disebabkan oleh ketidaktahuan pengembang tentang aturan ini. Selain itu mungkin banyaknya persyaratan untuk mengurus dokumen SLF. Padahal jika ingin lebih mudah bisa pakai  jasa SLF yang tersedia di Malang. Jika ingin mengurus pribadi maka pengembang harus membuat pengajuan dengan membawa dokumen penunjang dan akan diproses oleh pihak DPUPR. Ketika sudah disetujui maka akan lanjut pada tahap verifikasi lapangan, ketika terjadi kekurangan maka pengembang wajib segera memperbaiki dan melengkapi.

Sudah paham aturannya bukan? Mari, lengkapi proyek dan bangunan Anda dengan SLF

 

Categories:Pendidikan
Published on :Posted on